Cara Mudah Menulis Artikel Online Di Blog
Pilihan Editor 114 dilihat 0 komentar

Cara Mudah Menulis Artikel Online Di Blog

Saungliterasi.id – Menulis artikel online di blog memiliki cara yang berbeda dari menulis artikel pada umumnya. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang cara mudah menulis artikel online di blog.

Banyak orang yang belum tahu bahwa menggunakan beberapa trik khusus pada artikel online mempunyai manfaaf yang sangat besar. Artikel yang kita tulis akan bersaing dengan artikel lainnya di mata mesin pencari.

Kami tidak mengatakan bahwa cara ini 100 persen berhasil membuat artikelmu masuk ke dalam halaman pertama google. Kami hanya ingin menganalisa beberapa trik yang digunakan oleh blog yang artikelnya berada di halaman pertama. Sebab untuk masuk ke halaman pertama tidak hanya mengandalkan artikel, namun banyak sekali faktornya yang akan kami bahas pada kesempatan berikutnya.

Manfaat Menulis Artikel di Blog

Menulis artikel di blog mempunyai beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika melakukannya dengan konsisten. Berikut manfaatnya:

  1. Jangkauan artikel online jauh lebih luas disbanding dengan artikel pada media cetak / buku.
  2. Tidak sibuk memikirkan biaya cetak yang terlalu mahal.
  3. Mudah diakses oleh siapa saja karena sebagian besar website sudah mobile friendly.
  4. Rata-rata pada zaman sekarang mencari sesuatu melalui internet.

Sangat disayangkan jika kita melewatkan kesempatan ini, bukan? Maka dari itu tanpa basa-basi mari kita bahas trik mudah menulis artikel online di blog sekarang!

1# Kalimat Pembuka adalah Senjata

Seorang penulis senior pernah mengatakan bahwa mayoritas pembaca menuntaskan bacaannya karena kalimat pertama telah menggugahnya. Oleh karena itu kalimat pembuka sangat penting kita tulis sebaik mungkin.

Coba baca kalimat pertama pada artikel ini?

… silahkan scrool dulu ke atas dalam beberapa menit.

Satu.

Dua.

Tiga.

Oke, semoga sudah membaca kalimat pertama artikel ini ya. Sekarang kita bahas!

Pertama, kami tidak menggunakan basa-basi yang terlalu panjang seperti saat menulis cerpen ataupun novel. Pembaca online memiliki kebiasaan “malas” membaca tulisan online yang terlalu bertele-tele.

Kedua, ulang judul artikel.

Coba perhatikan judul artikel ini dan mengapa kami mengulang judul pada kalimat pertama? Jawabannya karena google merayapi artikel mulai dari kalimat pertama. Jika kalimat pertama yang kita buat mirip dengan apa yang dicari orang, maka kemungkinan besar artikel kita akan tampil di halaman pertama.

Berikut kalimat pertama artikel ini:

Menulis artikel online di blog memiliki cara yang berbeda dari menulis artikel pada umumnya. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang cara mudah menulis artikel online di blog.

2# Jumlah Minimal Kata Saat Menulis Artikel Online

Banyak Immers [1] mengatakan ini tidak cukup berpengaruh, tetapi kenyataannya begitu banyak artikel yang muncul di halaman pertama karena artikel tersebut melewati batas minimal yang disarankan google.

Berapa jumlah minimalnya? Ya, 500 kata jawabannya.

Artikel ini pun ditulis dengan 500 kata lebih.

3# Cara Buat Pembaca Betah Membaca Artikel Online

Ada cara khusus yang kami bagikan di sini.

Pertama, jangan buat paragraph yang terlalu gemuk. Usahakan 3-4 kalimat saja. Kalau paragrafnya terlalu gemuk, pembaca cenderung bosan.

Kedua, isi artikelnya bisa menyelesaikan masalah pembaca. Misalnya mereka mencari “cara konsisten menulis”, maka usahakan artikel yang kita tulis bisa menyelesaikan masalah ketidakkonsistenan mereka dalam menulis. Hindari bertele-tele dan tidak nyambung dengan isi artikelnya.

4# Submit di Google Master atau Bing

Agar artikel cepat diindeks google sebaiknya setiap selesai posting kita submit di google master atau bing.

Silahkan baca: Cara Submit Artikel di Google Master

Kesimpulan

Menulis artikel di online tidak boleh asal-asalan.  Perlu cara khusus. Jangan sampai udah capek-capek nulis artikel di online sepi nggak ada yang baca. Hal itu akan menurunkan semangat menulis. Sebaliknya, kalau artikel yang kita tulis banyak yang mengunjungi dan banyak komentarnya akan menambah semangat penulisnya untuk terus berkarya.

Makanya jangan lupa untuk berikan komentar pada artikel ini ya. Hehe.

Coba bayangkan… jika kita sekali menulis artikel online lalu banyak yang baca dan berikan apresiasi pasti akan menambah semangat terus berkarya. Iya gak? Iya donk.

Nah, daripada asal menulis kan lebih baik ikut panduan ini supaya nggak sepi pengujung lagi. Mantap.

Oke deh. Sekian dulu tutorial menulis pada episode kali ini ya. Berikan komentar agar saya terus semangat menulis tutorial menulis ya. Oh, iya share juga artikel ini ke media sosialmu agar bukan Cuma kamu aja yang mendapatkan manfaat besar dari tulisan ini.

Sampai jumpa di tutorial menulis episode berikutnya ya.

P.S Jempol Anda akan membantu banyak orang dengan cara memberikan komentar dan share artikel ini di media social yang Anda miliki semisal facebook, twitter, telegram ataupun whatsapp.

P.S Semakin banyak yang membaca artikel ini melalui Anda, maka semakin banyak pula pahala yang bisa Anda dapatkan.

Catatan:

[1] Internet Marketer's

Catatan: Artikel ini merupakan kiriman dari penulis. Saungliterasi.id tidak bertanggung jawab atas isi yang ada di dalamnya. Namun, kami berhak mengubah maupun menghapus kiriman penulis apabila terdapat kesalahan yang merugikan banyak pihak.

Berita Terkait
0 Komentar

Tinggalkan Komentar