4 Bisnis Rumahan Tanpa Modal yang Menghasilkan
Bisnis 137 dilihat 0 komentar

4 Bisnis Rumahan Tanpa Modal yang Menghasilkan

Saungliterasi.id - Menghasilkan uang dari bisnis rumahan tanpa modal merupakan dambaan setiap orang. Model bisnis seperti ini sangat diminati oleh kaum ibu-ibu yang terbiasa di rumah, difabilitas atau mahasiswa, namun ingin mempunyai penghasilan tambahan. Jangan heran, banyak cerita ibu rumah tangga, difabilitas maupun mahasiswa yang sukses raih jutaan rupiah berawal dari rumahnya.

Tidak heran pula karena saking menggiurkannya bisnis rumahan, banyak yang memutuskan berhenti bekerja di luar dan fokus pada bisnis di rumahnya. Meski tidak menuntut kemungkinan orang seperti kamu pun turut meramaikan bisnis dari rumah yang punya berbagai manfaat lebih dibanding bekerja di luar rumah.

Kesulitan para ibu-ibu adalah harus merawat dan mendidik anak-anaknya. Ia tidak bias meninggalkan anak-anak hanya karena demi pekerjaan semata. Ia lebih memilih tinggal di rumah bersama anak-anak dan mencari cara agar tetap bisa berpenghasilan.

Begitupun para mahasiswa yang disibukkan dengan mata kuliah namun tetap ingin memiliki penghasilan untuk menambah uang sakunya. Tidak jarang mereka menawarkan jualannya ke teman mahasiswa, dosen sampai ke rektornya. Hal ini pun terjadi saat saya masih kuliah di tingkat S1.

Belum lagi difabilitas yang mempunyai kekurangan dari segi fisik, namun tidak menutup kemungkinan ia akan sukses dari bisnis di rumahnya. Saya punya kawan difabel yang sekarang sukses menjadi trainer para penjual online di Marketplace.

Ketiga tipe ini sangat berharap memiliki penghasilan “tanpa menggangu” aktifitas utama mereka. Sang ibu mengasuh dan merawat anaknya, para mahasiswa yang harus fokus ke studinya dan difabilitas dengan segala kekurangannya.

Berawal dari tiga kasus di atas, saya berusaha menghadirkan sedikit solusi yang bisa dicoba dan mudah-mudahan menghasilkan, yaitu:

1# eCourse (Electronic Course)

Biasa disebut dengan kursus online, bisnis ini merupakan bisnis yang minim pengeluaran namun punya hasil yang menggiurkan. Kursus online memaksa kita tidak perlu keluar kantor atau mengecek toko. Kita bisa memantau bisnis hanya dari smartphone atau laptop di rumah saja.


Bisnis ini merupakan salah satu yang saya kerjaan saat ini. Ya, saya memiliki eCourse yang bisa kamu cek di sini. Saya pribadi merasakan betul minimnya modal yang saya keluarkan namun dengan hasil yang memuaskan. Bahkan, keuntungannya bisa sampai 100% alias benar-benar tanpa modal sedikitpun.

Cara Memulai Bisnis eCourse:

  1. Wajib memiliki skill atau ilmu yang bisa ditularkan kepada orang dan berdampak positif bagi yang mempelajarinya. Misalnya kursus membuat website, kursus menulis, kursus design, kursus memasak dan lain-lain.
  2. Wajib aktif di sosial media. Gunakan sosial media sebagai alat promosi yang menakjubkan sekalipun dengan gratisan. Contohnya di instagram dengan modal followers yang besar bisa membantu meningkatkan penjualan bisnis eCourse ini.
  3. Wajib menyediakan materi pembelajaran yang praktis dan mudah. Buatlah materi yang memiliki nilai tambah di mata client seperti lebih mudah dipahami, lebih mudah di aplikasikan dan lain-lain.

2# Pernak-pernik Daur Ulang

Barang yang tidak terpakai namun sayang jika dibuang bisa menjadi bisnis rumahan daur ulang yang tidak kalah menghasilkan. Bisnis hiasan bisa menjadi pilihan yang bagus dan bisa dicoba. Misalnya bisnis Handmade [1], anyaman, kreasi kertas / kardus bekas, dan masih banyak lagi.

Salah satu pengusaha yang sukses dari lini bisnis ini adalah Dicka Armitasari asal Yogyakarta. Beliau memulai bisnis ini pada tahun 2009. Sekarang ia minimal memproduksi 3000 unit produk dari barang bekas dan menghasilkan omset 15 – 20 juta per bulan.


Masih banyak kisah sukses lainnya yang bisa kita cari di internet yang memulai bisnis ini dengan hasil yang lumayan.

3# Les Bimbel / Les Private

Jika kamu memiliki ilmu Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS atau Bahasa Indonesia ditambah lagi kamu merupakan mahasiswa universitas negeri, maka peluang untuk membuka bimbel / les private rumahan sangat terbuka lebar. Modal kuliah di universitas negeri adalah hal yang penting dan membuat para orang tua tidak ragu mendaftarkan anaknya les private dengan kamu.

Namun jika kamu tidak kuliah di universitas negeri namun punya kemampuan mengajar dan komunikasi yang bagus, itu bukan masalah yang besar. Justru kemampuan komunikasi kepada anak, cara mengajar dan cara menyampaikan materilah yang menjadi kekuatan utama seorang pengajar.

Modal membuka bisnis ini sangat minim sekali. Hasilnya? Jangan ditanya hehe. Ada yang per jamnya 200rb lho. Wuih Alhamdulillah.

4# Reseller / Dropshipper

Kalau bisnis ini sudah sangat familiar di telinga kita. Sudah tidak asing lagi menjadi reseller begitu menggiurkan dan hasilnya lumayan. Bisnis ini modalnya mendekati 0 rupiah. Sebab, segala jenis produksi dan pengiriman akan diproses oleh produsen atau agen saja. Kita tinggal menjadi pihak ketiga yang menjembataninya.

Cara menjadi reseller:

Berikut cara menjadi reseller yang kami rekomendasikan:

  • Carilah produsen / supplier yang amanah dan dapat dipercaya
  • Carilah produsen / supplier yang membuka system reseller / dropshipper
  • Ikutilah pembinaan yang biasa dilakukan oleh produsen / supplier
  • Gunakan social media maupun offline untuk rajin berjualan produk agar bisa menghasilkan keuntungan

Kesimpulan

Memiliki penghasilan dari rumahan merupakan cara yang tidak biasa daripada kebanyakan orang yang memilih bekerja di luar rumah. Mereka menganggap bahwa mencari penghasilan hanya bisa dilakukan saat keluar rumah, pergi ke perusahaan dan bekerja di sana. Padahal, itu sama sekali belum tepat. Bisnis rumahan tidak kalah menguntungkan ketimbang bekerja di luar rumah.

Bagi para ibu-ibu bisnis sukses melalui bisnis rumahan merupakan dorongan hati nuraninya yang ingin terus dekat bersama keluarga.

Bagi para mahasiswa merupakan keinginan yang ingin sukses saat studinya dan berharap kuliahnya berjalan dengan lancer dan memuaskan.

Bagi para difabilitas, bisnis rumahan dapat membantunya menjadi orang sukses sekalipun punya kekurangan. Tenang, Allah SWT pasti akan memberikan rezeki kepada masing-masing hamba-Nya ya.

… dan tidak menutup kemungkinan, kamu yang seorang laki-laki atau perempuan bukanlah seorang ibu, bukan seorang mahasiswa ataupun bukan seorang difabilitas bisa memulai bisnis rumahan juga. Karena, bisnis rumahan bukan hanya khusus mereka bertiga, tetapi kamu juga bisa mencobanya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya. Aamiin.

P.S. Share artikel ini ke media sosial kamu ya agar semakin banyak yang terbantu dengan adanya artikel ini. Insya Allah mereka bisa memulai aktifitas bisnis dan menambah penghasilan bagi yang belum bekerja tetapi ingin memiliki penghasilan tambahan.

P.S. Buatlah kedua jarimu melakukan hal bermanfaat dengan cara membagikan artikel ini ke teman-teman, saudara ataupun siapa saja yang bisa jadi mereka membutuhkannya. Dengan kamu share artikel ini berarti kamu turut serta membantu mereka dan Indonesia mengurangi pengangguran.

P.S. Dengan share artikel ini semoga menjadi amal jariyah kita karena telah ikut berkontribusi membantu mereka yang ingin berwirausaha dan menjadi jalan rezeki buat mereka.

Terima kasih ya.

Catatan:

[1] Kerajinan Tangan

Catatan: Artikel ini merupakan kiriman dari penulis. Saungliterasi.id tidak bertanggung jawab atas isi yang ada di dalamnya. Namun, kami berhak mengubah maupun menghapus kiriman penulis apabila terdapat kesalahan yang merugikan banyak pihak.

Berita Terkait
0 Komentar

Tinggalkan Komentar