Resensi Buku Perjuangan Rakyat Sambas Menentang Penjajah
Resensi 7 dilihat 0 komentar

Resensi Buku Perjuangan Rakyat Sambas Menentang Penjajah

Judul Buku : Perjuangan Rakyat Sambas Menentang Penjajah

Pengarang Buku : M. Sabirin AG,BA

Penerbit Buku : Lentera Community

Kota Terbit : Kota Pontianak, Kalimantan Barat

Tahun Terbit : Maret 2010

Tebal Buku : 200 halaman


Berita kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 telah di ketahui oleh beberapa rakyat Sambas melalui radio siaran dari Serawak. Namun demikian, berita tersebut masih bersifat rahasia dan hanya di ketahui secara sembunyi oleh beberapa rakyat Sambas karena ketika itu Jepang masih menguasai Sambas.


Sebelum itu, berita kemerdekaan Indonesia terlebih dahulu di ketahui oleh beberapa Tokoh di Pontianak. Pada 2 Oktober 1945, Ya’mad Dundek dari Pontianak datang ke Singkawang untuk memberitahukan perihal kemerdekaan Indonesia.


Selain itu, berita kemerdekaan Indonesia secara resmi di ketahui oleh rakyat Sambas tatkala pemuda Sambas yang bermukim di Pontianak bernama Zainuddin Nawawi dan Gifni Ismail kembali ke Sambas. Mereka memberikan kepastian bahwa Indonesia telah benar- benar merdeka.


Selengkapnya ~> Resensi Perjuangan Rakyat Sambas Menentang Penjajah

Catatan: Artikel ini merupakan kiriman dari penulis. Saungliterasi.id tidak bertanggung jawab atas isi yang ada di dalamnya. Namun, kami berhak mengubah maupun menghapus kiriman penulis apabila terdapat kesalahan yang merugikan banyak pihak.

Berita Terkait
0 Komentar

Tinggalkan Komentar