12 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Ayah dan Ibumu
Motivasi 69 dilihat komentar

12 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Ayah dan Ibumu

Ayah dan ibu biasa kita sebut dengan kata orang tua kandung. Mereka berdua memiliki jasa-jasa yang tidak akan pernah bisa tergantikan oleh siapapun. Berikut ini 12 alasan kenapa Kamu harus mencintai kedua orangtuamu. 


1. Kita lahir melalui mereka. 

Alasan yang tidak bisa dihindari adalah kita lahir karena peran kedua orang tua kita. Kita adalah bagian dari mereka. Karena itulah, kita harus mencintai mereka dengan sepenuh hati. Apalagi kepada seorang ibu yang telah melahirkan kita dengan susah payah dan tanpa lelah. 


2. Disayang, Dijaga, dan dilindungi. 

Kedua orang tua itulah yang pertama kali akan menyayangi anaknya dengan sepenuh hati. Akan menjaga anaknya dengan sepenuh usahanya. Tanpa merasa bosan, orang tua akan senantiasa berusaha menjaga dan melindungi anaknya. 


3. Selalu ada dikala sedih maupun senang. Saat seorang anak sedang sedih, apalagi ketika masih kecil, orang tua memiliki peran yang begitu besar untuk menyemangati anaknya dan juga memberi ucapan selamat ketika anaknya berhasil mencapai sesuatu. Orang tua akan selalu ada untuk anaknya meskipun dengan cara yang tidak sama. Dengan cara yang bisa jadi berbeda. Dengan cara mereka sendiri. Namun, mereka selalu akan ada untuk anaknya. 


4. Menasihati demi kebaikan anaknya di masa depan. 

Orang tua akan selalu berusaha menasihati anaknya, memberikan cerita-cerita dan pengalaman-pengalaman pahit yang pernah mereka rasakan agar anaknya tidak mengalami hal yang sama. Memberikan nasehat yang akan membangun anaknya di kemudian hari. 


5. Ketika anaknya sakit, orang tua adalah orang pertama yang akan peduli. 

Orang tua yang baik pasti tidak ingin  anaknya sakit, ketika sakit, mereka akan berusaha untuk membuat agar anaknya bisa sembuh. Apalagi di waktu kecil, mereka benar-benar memiliki peran besar dan berhasil membuat seorang anak kecil tumbuh menjadi begitu dewasa berkat kegigihan dan kesungguhan mereka memperjuangkan darah dagingnya agar bisa tumbuh dengan baik. 


6. Selalu mendukung. 

orang tua akan selalu mendukung anaknya dengan caranya sendiri. salah satunya dengan memberikan kata-kata penyemangat, dengan memberikan senyuman, dengan selalu ada, atau melalui hal lainnya. 


7. Selalu membela anaknya. 

Jika seorang anaknya sedang mengalami masalah yang menyudutkan posisi anaknya, orang tua akan berusaha membela anaknya agar tidak dalam posisi tersudut. Bagaimanapun keadaannya, orang tua akan mencoba untuk selalu membela anaknya. 


8. Selalu tegar. Meskipun orang tua sedang dilanda berbagai masalah. Orang tua akan berusaha tegar dihadapan anaknya agar anaknya todak sedih. Mereka tetap berusaha tegar agar anaknya tidak melihat perjuangan orang tuanya. Berusaha kuat demi anaknya. Demi anak yang mereka cintai dan sayangi sepenuh hati. 


9. Berusaha memenuhi keinginan anaknya. Orang tua selalu ingin membahagiakan anaknya. Orang tua akan berusaha untuk bisa selalu memenuhi keinginan anaknya meskipun keadaan ekonominya kurang mendukung. Jadi jangan sampai seorang anak membebani orang tua dengan keinginan-keinginan yang tidak penting ya. Seorang anak juga harus bisa menyadari bagaimana keadaan orang tuanya agar semuanya menjadi lebih nyaman dan juga tenteram. 


10. Tidak menuntut banyak hal. orang tua tidak menuntut banyak hal kepada anaknya. mereka hanya ingin anaknya tumbuh menjadi pribadi yang memiliki karakter baik dan juga bisa menghormati kedua orang tuanya.


11. Berjuang habis-habisan. Dalam hal ini adalah peran orang tua sebagai pendidik nomer satu di dalam lingkup keluarga. Mereka akan memperjuangkan hal-hal yang seharusnya didapatkan oleh seorang anak. Mereka tanpa lelah akan membesarkan anak hingga sebesar ini.


12. Ikhlas. Ini adalah ciri khas dari orang tua. Ikhlas dalam mengemban amanah dari Allah swt bahwa telah diberikan titipan untuk bisa dijaga dengan baik. Orang tua akan ikhlas dengan apapun keadaannya demi anak-anak mereka. 


Itulah tadi 12 hal yang membuat kita sebagai seorang anak harus mencintai ayah dan ibu kita sebagai orang tua kita yang telah menjaga kita sampai detik ini. Jadi jangan sampai seorang membuat hati orang tua sakit, seperti berkata kasar, membentak, dan melukai perasaannya. Semoga ke 12 hal ini bisa membuat kita semakin sayang kepada kedua orang tua kita. 


Catatan: Artikel ini merupakan kiriman dari penulis. Saungliterasi.id tidak bertanggung jawab atas isi yang ada di dalamnya. Namun, kami berhak mengubah maupun menghapus kiriman penulis apabila terdapat kesalahan yang merugikan banyak pihak.

Berita Terkait
Komentar
blog comments powered by Disqus